Wednesday 31 August 2016

Modal Awal Membuka Usaha Service Ac


Modal Awal Membuka Usaha Service Ac
modal awal membuka usaha service ac


Modal Awal Membuka Usaha Service Ac - Bagi Anda yang sedang mencari informasi mengenai seberapa besar modal awal yang di perlukan untuk membuka usaha service ac, maka berikut saya beritahu gambarannya.

Belakangan, usaha service ac tumbuh sangat pesat di indonesia, ini tidak terlepas dari begitu banyaknya produk ac yang di keluarkan oleh para produsen ac. Penggunaan ac yang banyak pada masyarakat khususnya di wilayah perkotaan menjadikan peluang tersendiri bagi mereka yang ingin mencari peruntungan di bidang usaha service ac.



Modal awal yang akan saya beritahu ke Anda merupakan pengalaman pribadi, saya memiliki usaha service ac dari tahun 2013 lalu. Pada saat pertama kali ingin membuka usaha ini, sayapun bertanya,sebenarnya berapa besar sih modal yang di perlukan untuk usaha ini. Ketika browsing di internet sebagian informasi mengatakan bahwa modal awal membuka service ac terbilang besar. Mereka memaparkan bahwa modal untuk usaha ini tidaklah sedikit. Hitung saja ketika kita membicarakan modal untuk membeli alat-alat service ac, mulai dari steam untuk cuci ac hingga sampai peralatan sebagai penunjangnya. Sebut saja obeng,tang,bor,multy tester,dan lainnya. Jika di hitung satu persatu maka akan keluar rincian untuk modal yang lumayan besar, sebagai hitungan tidak pasti maka dapat disimpulkan bahwa modal untuk peralatan saja lebih dari 10 juta, ini dengan kualitas alat-alat service ac yang biasa saja.


Namun jangan kuatir, karena hitungan tadi tidaklah harus anda penuhi. Anda bisa mencicil peralatan service ac secara bertahap, misalnya beli saja sebagian peralatan service ac yang penting-penting saja untuk permulaan usaha, setelah berjalan baru Anda bisa melengkapinya. Alat yang penting misalnya steam untuk cuci ac,obeng,tang,meter gas(manipol ac). Penuhilah kebutuhan alat itu saja dulu, sampai Anda cukup mendapatkan keuntungan, barulah Anda lengkapi peralatan ac yang belum ada.


Berikut gambarannya : 


1. Steam Untuk Cuci Ac : 950.000 (sudah berikut selang)
2. Obeng : 25.000
3. Tang : 30.000
4. Manipol / Meter Gas : 100.000 (sudah berikut selang)
5. Bor : 350.000 (yang bekas juga tidak masalah)
6. Plastik untuk cuci ac : 7000/m  (dibutuhkan 3 sampai 4 meter)
7. Kunci inggris : 40.000
8. Kunci L : 40.000 (lengkap model genggam), yang murah juga ada.

Silahkan hitung sendiri, cukup terjangkau bukan ? bisa kan menghitung rincian di atas :) 
Jika kita jumlahkan kurang lebih yang di butuhkan untuk membuka service ac adalah sebesar Rp. 1,5 jt an. Cukup terjangkau bukan. Namun hitungan ini tidaklah bisa dijadikan ukuran pasti, Anda bisa menentukannya sendiri. 

Baca juga : strategi promosi

Modal awal ini belum termasuk biaya sewa tempat dan kendaraan, namun saya pikir tempat tidak lah harus menyewa, Anda bisa memulainya dari rumah Anda, karena usaha ini berjenis panggilan. Kendaraanpun juga sepertinya tidak terlalu jadi masalah, karena hanya cukup menggunakan motor.,karena hampir semua orang memiliki motor (kalo belum punya? ya beli ) hehehe.

Berikut tadi modal awal membuka usaha service ac, semoga dapat bermanfaat.

2 komentar

Write komentar
9 May 2019 at 11:18 delete

Bisakah bantu mulai/start usaha dari nol.

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
20 September 2021 at 01:58 delete

Terimakasih informasinya.

Reply
avatar